Sabtu, 30 Agustus 2008

Aplikasi Chat IM (Instant Messagging) Pada Handphone

Perkembangan teknologi mobile saat ini berkembang sangat pesat. Beberapa teknologi mobile saat ini sangat banyak bermunculan. Sellular Phone atau yang lebih dikenal dengan sebutan Handphone, merupakan salah satu bukti maraknya perkembangan teknologi mobile saat ini. Perkembangan teknologi ini juga berpengaruh terhadap beberapa pembuat aplikasi 3rd party.

Disini saya akan membahas beberapa aplikasi chatting 3rd party pada Handphone. Pada umumnya handphone yang beredar di pasaran mempunyai sistem operasi Java, Symbian, dan Windows Mobile. Untuk memilih aplikasi chatting yang benar adalah dengan menyesuaikan platform aplikasi dengan sistem operasi pada handphone anda. Jadi anda tidak bisa sembarangan memilih aplikasi lalu menginstall-nya ke handphone anda. Misal anda menggunakan HP java, tapi anda menginstal aplikasi IM dengan platform Windows mobile, tentu saja aplikasinya tidak dapat digunakan. Saya akan memberikan beberapa review mengenai aplikasi-aplikasi untuk HP java dan Symbian yang pernah saya gunakan.

Aplikasi IM Java:
- eBuddy
Keunggulan dari aplikasi ini adalah penggunaannya mudah, dan bisa melakukan conference dengan beberapa orang. Menyediakan beberapa status default seperti aplikasi YM pada komputer, namun untuk costum status, ebuddy tidak menyediakan. Ebuddy menyediakan fasilitas emoticon, namun emoticonnya statis, sehingga kurang begitu bagus. Ebuddy juga memiliki kelemahan tidak bisa mengirim pesan kepada teman yang sedang offline atau invisible.

- YMTiny
Keunggulan dari aplikasi ini adalah penggunaanya mudah, bisa membuat dan membaca custom status. Menyediakan emoticon dan bisa mengirim pesan kepada teman kita yang sedang offline atau invisible. Kelemahan yang saya rasa adalah tampilannya kurang bagus, tidak bisa melakukan conference dan responnya lambat.

- MovaChat
Tampilan dari aplikasi ini sangat menarik. Nama contact ditampilkan berdasar namanya, bukan id nya. Namun aplikasi ini responnya lambat, sehingga kurang nyaman ketika digunakan.

Aplikasi IM Symbian
- Slick
Aplikasi ini mempunyai kemampuan hampir setara dengan YM pada komputer. Beberapa keunggulan antara lain, tampilan yang disajikan bisa kita rubah-rubah warnanya sesuai keinginan kita. Kita bisa membuat custom status message dan membaca status orang lain. Disediakan juga fasilitas untuk mengganti nada sesuai keinginan kita. Yang menarik dari aplikasi ini adalah kita bisa mengirim dan menerima file dari orang lain, emoticon yang digunakan sudah bergerak (layaknya yang ada di komputer). Kelemahan dari aplikasi ini adalah tidak menyediakan fasilitas untuk conference.

Tidak ada komentar: